Kamis, 10 April 2014

judul buku : Application, Reliability and Validity of The Index Learning Styles.
Penulis : Richard M. Felder adn Joni Spurlin
T
he index of learning style telah meneliti tentang gaya belajar dengan akses-akses yang mudah. Ada empat dimensi. Salah satunya adalah Felder-SILVERMAN. Dimana peneliti membuat akses-akses mudah menggunakan teknologi jaman sekarang yang sangat mudah diakses oleh siapa saja.
4 dimensi itu adalah :
·         Penginderaan
·         Visual
·         Keaktivan
·         Dan juga kelogisan
Untuk detail dari masing masing dimensi diatas dapat degan mudah diakses melalui intenet. Sebuah peneltian pernah dilakukan untuk mengetahui indexs cara belajar seseorang dengan mengajukan 44 instrumen pertanyaan. Dari penelitian diatas didapatkan macam-macam hasil dari empat macam dimensi itu yang berhubungan dengan gaya belajar seseorang. Ada yang hasilnya nilai pengidraan yang bagus yang berhubungan dangan tipe belajar dengan lebih menangkap materi dan mengingatnya berupa hal hal berbau indrawi, sedangkan yang lain ada pula yang gaya belajarnya lebih cenderung kearah visual seperti gambar, grafik ataupun berupa gambar lainya, menurut mereka yang termasuk dalam golongan ini belajar dengan berupa visual lebih mudah untuk diingat dalam penyampaian sebuah materi dan pembelajara lebih menarik dibanding berupa teks-teks teori berupa konsep-konsep. Yang ketiga gaya belajar berupa didalam dimensi keaktivan, dalam dimensi ini orang cenderung lebih menyukai materi- materi berupa kegian lapangan yang tidak hanya berupa sebuah materi saja dan hanya duduk di kelas.mereka akan cepat bosan ketika hanya diberikan materi berupa teori teori saja. Yang terakhir temasuk dimensi kelogisan.  Ketika diberikan sebuah materi ia lebih suka,lebih memahami dan lebh mudah mengingat materi berupa materi yang bersifat logis daripada materi yang harus melakukan penalara terlebih dahulu untuk memahami materi itu.

Pada dasarnya setiap orang memiliki gaya dan tipe belajar tersendiri yang unik, oleh karna itu setiap individu harus memahami tipe belajar mereka yang mana dan bagaimana solusi untuk lebih meningkatkan semanggt belajar itu sendiri, dan mengoptimalkan gaya belajar mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar